E-mail

sukanto4@gmail.com

Jumat, 23 April 2010

Abstrak PTK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG LISTRIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KIT IPA

UNTUK SISWA KELAS VI SD SENDANGWUNGU 2

PADA SEMESTER II TAHUN 2007/2008

Oleh: Sukanto

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI, SD Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora melalui penggunaan media pembelajaran KIT IPA.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek siswa kelas VI SD Sendangwungu 2 sejumlah 22 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sedangkan waktunya selama tiga bulan pada semester II tahun pelajaran 2007/2008, dimana peneliti sebagai guru di kelas tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitianan ini adalah metode penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan( planning), pelaksanaan tindakan(acting), pengamatan(observing), dan refleksi(reflecting). Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar berupa nilai ulangan siswa dan data proses pembelajaran berupa hasil pengamatan oleh teman sejawat serta gambar kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan hasil kondisi awal, hasil siklus satu dan hasil siklus dua.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritik maupun secara empirik melalui penggunaan media pembelajaran KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Sendangwungu 2 tentang energi listrik pada semester II tahun pelajaran 2007/2008.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, KIT IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar