E-mail

sukanto4@gmail.com

Minggu, 18 April 2010

RPP IPA kelas 6 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SD Sendangwungu 2 Banjarejo, Blora
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / semester : VI ( enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran ( 8x 35 menit) 4 x Pertemuan
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :2.1 Mendiskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia.
2.2 Mendiskripsikan cirri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perembpuan.
INDIKATOR :
2.1.1 Mendiskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia masa balita.
2.1.2 Mendiskripsikan tahapan masa perkembangan dan pertumbuhan manusia kanak-kanaksampai lanjut usia.
2.2.1 Menjelaskan bagian fisik tubuh laki-laki pada masa pubertas.
2.2.2 Mengenal bagian fisik tubuh perempuan pada masa pubertas.
2.2.3 Mengenal bagian-bagian organ tubuh dan cara merawatnya.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.Melalui bacaan siswa dapat mendiskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia pada masa balita.
2.Melalui pengalaman yang dialami dan yang dilihat siswa dapat menyebutkan bagian perubahan fisik laki-laki pada masa pubertas, kanak-kanak hingga dewasa.
3.Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan perubahan bagian fisik tubuh perempuan pada masa pubrtas.
4.Melalui wawancara siwa mengenal bagian tubuh/organ reproduksi serta menjaga kebersian dan kesehatannya.

I.MATERI PEMBELAJARAN
* Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia.
1. Bentuk perkembangan menurut ELIZABETH B. HURLOCK.
2. Prenatal : Saat konsepsi sampai lahir.
3. Neonatus : Lahir sampai akhir minggi ke 2.
4. Masa bayi : Akhir minggu ke 2 sampai akhir tahun ke 2.
5. Masa kanak awal : 2 tahun sampai 6 tahun.
6. Masa kanak akhir : 6-12 tahun.
7. Pubertas ;10/12-13/14 tahun.
8. Remaja awal : 13/14-17 tahun .
9. Remaja akhir : 17-21 tahun.
10. Dewasa awal ; 21-40 tahun.
11. Masa setengah baya : 40 -60 tahun.
12. Masa tua : 60 – meninggal.
*Perubahan fisik tubuh laki-laki
- Masa pubertas/ akil balig/remaja 10 – 21 th , pada usia 15 th mengalami perubahan yang amat besar.Pada umur 16 – 21 th merupakan masa akhir pubertas umumnya tidak tumbuh lagi menjadi tinggi.pada masa puber terjadi dua perubahan yaitu PRIMER dan SEKUNDER.
- Perubahan primer (utama) yaitu: mulai diproduksi sel sperma( sel kelamin jantan)
Sperma diprodduksi oleh TESTIS setiap hari, kalau testis penuh maka akan keluar dengan sendirinya yang ditandai dengan mimpi basah.
-Perubahan sekunder (fisik) yaitu :perubahan yang terjadi pada fisik seperti tumbuh kumis,
Jenggot dan rambut –rambut halus disekitar kemaluan, tumbuh jakun dan suara lebih beray.
Perubahan sekunder tidak dialami semua laki- laki, missal kumis, jenggot dan jakun.
*Perubahan fisik tubuh perempuan.
- Perubahan primer (utama) :Mulai diproduksi sel telur / indung telur / ovarium.
Ditandai dengan menstruasi / dating bulan / haid ( siklus menstruasi setiap 28 hari).
Bila sel telur dalam rahim dibubuhi sperma maka dikatakan hamil.
Gadis mengalami /awal menstruasi sekitar usia 9 – 15 tahun.
Perubahan sekunder (fisik) : biasanya awal sebelum menstruasi.
Membesarnya pinggul dan payudara.
Tumbuhnya rambut tertier ( di ketiak dan sekitar kemaluan)
*Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.
_ Pada masa pubertas hormone kelamin merangsang aktifitas kelenjar minyak dan keringat.
-Minyak mengakibatkan wajah atau tubuh berjerawat.
-Keringat (badan ) menjadi berbau.
Cara menjaga kebersihan :-mandi 2x sehari.
-jika muka terasa kotor segera dicuci.
- gunakan wewangian untuk mnghilangkan bau badan.
-gunakan celana dari bahan kain katun.
- usahakan celana dalam tetap kering, biar tidak tumbuh jamur dan kuman.
-gunakan celana tidak terlalu ketat agar tidak lecet /iritasi.
III.Metode Pembelajaran.
1.Pemberian Tugas.
2.Pngamatan.
3.Tanyajawab.
4.Wawancara.
IV.Langkah-langkah Pembelajaran.
I.Perencanaan Tindakan.
a.Apersepsi:
-Menyiapkan peraga yangdibutuhkan dalam pembelajaran.
-Pembentukan kelompok.
b.Kegiatan Inti:
-Agar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lanca, hidup suasana dan termotivasi maka guru memanfaatkan alat peraga yang tersedia.
-Anak dirangsang dengan pertanyaan-pertanyaan dan melaksanakan kegiatan sesuai sekenario.
c.Penutup.
Setiap kegiatan dalam pembelajaran selalu diamati oleh guru, untuik mendapatkan data keaktifan siswa.
Diadakan Tanya jawab untuk mendapatkan nilai dalam proses pembelajaran.
Diakhiri dengan tes akhir.
II.Pelaksanaan Tindakan.
Pertemuan 1.
A.Apersepsi(5 menit)
-Tanya jawab hal-hal yang berhubungan dengan materi.:
1.Berapa lama bayi dalam kandungan?
2.Apa kepanjangan balita?
3.Umur berapa s/d berapa anak dikatakan bayi?
4.Apakah akil balig itu?
B.Kegiatan inti (50 menit )
1.Siswa membaca buku bacaan tentang tahapan perkembangan & pertumbuhan manusia.
2.Siswa mwncatat hal-hal penting.
3.Tanyajawab tentang isi bacaan:
a).Bagaimana tahapan perkembangan janin (secara sederhana) dalam kandungan?
b).Usia berapa anak mulai berjalan?
c).Makanan apa yang pertama kali diberikan kepada bayi?
d).Anak seumur kamu disebut masa apa?
C.Kegiatan Akhir(15 menit).
1.Membahas membahas hasil diskripsi yang dibacakan siswa didepan kelas.
2.Menyimpulkan.
Pertemuan 2.
A.Apersepsi (5 menit)
Tanya jawab pertemuan yang lalu:
1.Akhir minggu ke 2 s/d akhir tahun ke 2 disebut masa….
2.Usia 10- 14 th disebut masa….
3.Pertumbuhan fisik biasanya mulai berhenti sekitar usia … sampai …th.
4.Usia 6th ke atas disebut masa….
B.Kegiatan Inti (55 menit)
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.Secara berpasangan ( teman sebangku) siswa mwngisi lembabar kerja.
3. Salah satu dari pasangan membacakan hasil.
C.Kegiatan akhir (10 menit)
1.Membahas hasil yang dibaca siswa.
2.Menyimpulkan.
3.Tanya jawab materi yang dipelajari.
Pertemuan 3.
A.Apersepsi (5 menit)
-Tanya jawab pertemuan yang lalu.
1. Masa pubertas laki-laki ditandai dengan direproduksinya sel ….
2. Benjolan pada pangkal leher laki-laki disebut ….
3. Salah satu contoh perubahan sekunder pada laki-laki yaitu ….
4. Mimpi basah merupakan salah satu contoh perubahan … pada masa pubertas pada la-
Ki- laki.
5…. Tempat diproduksinya sel sperma.
B.Kegiatan Inti (50 menit)
1.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.Dengan bimbingan guru, secara kelompok kecil siswa mengisi lembar kerja.
3.Salah satu siswa dari masing- masing kelompok membacakan hasil kerja.
4.Siswa yang lain mencatat hal-hal yang perlu ditanyakan.
C.Kegiatan Akhir (15 menit)
1.Tanya jawab materi yang sudah selesai dipelajari.
2.Simpulan.
Perte muan 4.
A.Apersepsi (5 menit).
Tanya jawab pertemuan yang lalu.
1.Menstruasi merupakan contoh perubahan …pada masa pubertas pada perempuan.
2.Siklus menstruasi terjadi setiap … hari sekali.
3.sel telur disebut juga ….
4.Membesarnya pinggul dan payudara merupakan perubahan secara … pada wanita
Pubertas.
B.Kegiatan Inti (20 menit)
1.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.Guru memberi penjelasan tentang tugas siswa.
3.Siswa membuat daftar pertanyaan tentag cara menjaga kebersihan /kesehatan tubuh dan
Alat reproduksi sehubungan dengan masa pubertas.
4.Pertanyaan yang sama diambil satu.
5.Wawancara ( tugas rumah)
C. egiatan akhir (45 menit).
-Tes formatif.
IV.Alat dan Sumber bahan.
1.Alat Tes : LKS dan gambar masa pertumbuhan manusia, alat reproduksi bila diperlukan.
2.Sumber bahan: a. IPA Erlangga ( Haryanto) hal. 21 -24.
b.Teks tentang konsepsi perkembangan.
c.IPA Yudistira (Rosa Kemal) hal. 12-14.
V.Evaluasi.
1.Prosedur : Tes awal
Tes dalam proses .
Tes akhir.
2.Jenis tes : Tes lisan.
Tes tertulis.
Mengetahui Sendangwungu, 20 Pebruari 2010
Kepala SD Sendangwungu 2 Guru Kelas VI

SRI SUHARTINI, A. Ma. Pd. SUKANTO,S.Pd.
NIP. 19530731 197402 2 002 NIP.19610730 198012 1 002



Lampiran 1.
Lembar Kerja I
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kelas /Semester : VI (enam) /I ( dua)
Pasangkan pernyataan sebelah kiri kanan cukup member garis penghubung ( seperti contoh)
Masa Waktu
neonatus 6 -11 th
Remaja awal Konsepsi sampai lahir
Masa bayi 60 - meninggal
Masa setengah baya 2 – 6 th
Dewasa awal 10 /12 – 13/ 14
prenatal Lahir sampai akhir minggu 2
Masa kanak awal 21 -40th
pubertas 13 / 14 -17 th
Masa tua Akhir minggu 2 – akhir tahun ke2
Remaja akhir 40 -60 th
Masa bayi 17 – 21 th
Kelompok : ………..

Lembar Kerja 2
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kelas /Semester : VI (enam) /I ( dua)
Berilah tanda cek ( v ) pada kolom perubahan yang sesuai dengan pernyataan!
No Pernyataan Perubahan
Primer Sekunder
1 jakun
2 Produk sperma
3 jenggot
4 kumis
5 Mimpi basah
6 Dating bulan
7 Suara membesar
8 Tumbuh rambut tertier

Lembar Kerja 3
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kelas /Semester : VI (enam) /I ( dua)
Berilah tanda cek ( v ) pada pada kolom perubahan yang sesuai dengan pernyataan !

NO Pernyataan Perubahan
Primer Sekunder
1 Payadara membesar
2 Sel telur
3 Pinggul membesar
4 ovum
5 Haid
6 Tumbuh rambut tertier
7 menstruasi

Kelompok ; ….

Lembar Kerja 4.
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kelas /Semester : VI (enam) /I ( dua)
Tulislah pendapatmu cara menanggulangi hal –hal agar tidak terjadi … pada kolom !
NO Agar tidak terjadi Hal yang harus dilakukan
1 Iritasi kulit
2 Tumbuh jamur/kuman
3 Tumbuh jerawat
4 Keringat berbau
5 inveksi

Kelompok : ….








Lampiran 2. Nama :
NO. urut:
Tes pormatif

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang (x) pada huruf a,b,c atau d!
1.Berikut tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia
1.remaja 4.anak-anak.
2.dewasa 5.bayi
3.manula
Urutan berikut yang paling tepat adalah ….
a. 1-2-3-4-5 c. 5-4-1-2-3
b. 2-3-4-5-1 d. 4-5-3-1-2
2.Mmasa hamil yaitu . . . .
a.8 bulan 10 hari c.10 bulan 9 nhari
b.9 bulan 10 hari. D.9 bulan 8 hari
3.Perubahan anak perempuan dan laki-laki dari masa anak-anak menuju remaja disebut ….
a.pubertas c.menstruasi
b.embrio d.menopouse
4.Alat produksi sel sperma adalah . . . .
a.testis c.ovum
b.ovarium d.uterus
5.Ciri-ciri berikut menandai masa pubertas laki-laki adalah . . . .
a.tumbuh jakun dan pinggul membesar c.tumbuh kumis dan menstruasi
b.dada bidang dan suara membesar d.haid dan tumbuh rambut tertier
6.Diproduksinya sel sperma dan ovum merupakan cirri . . . pada masa pubertas.
a.sekunder c.fisik
b.pokok d.tertier
7.Menstruasi pada perempuan menandakan . . . .
a.usia bertambah tua c.berfungsinya alat reproduksi
b.pendarahan alat pencernaan d.mengalami kehamilan
8.Masa pertumbuhan berakhir biasanya pada usia sekitar . . . .
a.14 -18 th c.16 -20 th
b.15 -20 th d.17 -20 th
9.Jangan menggunakan celana yang ketat dan bahan yang tidak menyerap keringat sebab
Akan menimbulkan . . . .
a.kuman dan jamur c.iritasi dan lecet
b.jamur dan iritasi d.iritasi dan jamur
10.Untuk membersihkan alat reproduksi sebaiknya menggunakan . . . .
a.air sabun c.air hangat/es
b.air parfum d.air bersih




















Lampiran 3
Tes Perbaikan

Isilah titik di bawah ini dengan jawaban singkat dan jelas !
2.Masa usia 12/13 – 14/15 disebut masa . . . .
2.Mimpi basah pada laki-laki menandakan bahwa tubuh laki-laki tersebut telah menghasikan . . . .
3.Masa pubertas disebut juga masa . . . .
4.Sel telur diproduksi oleh . . . .
5.Bila ovum dibuahi sperma dalam rahim terjadi . . . .
6.Siklus menstruasi selama . . . hari.
7.Tumbuhnya jakun dan kumis adalah cirri . . . pada masa pubertas laki-laki.
8.Pada masa pubertas , hormon kelamin merangsang aktifnya kelenjar . . . & . . . .
9.Meningkatnya produksi kelenjar minyak mengakibatkan wajah mudah . . . .
10.Pada masa haid perempuan harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengan
dung zat . . . .

Lampiran 4
Tes pengayaan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar !
1.Manusia adalah makhluk hidup. Mengapa makhluk hidup perlu berkembangbiak ?
2.Tulislah perubahan sekunder pada masa laki-laki mengalami pubertas !
3.Tuliskan ciri perubahan primer pada masa wanita mengalami pubertas!
4.Apa kepanjangan balita ?
5.Sebutkan macam-macam imunisasi yang diberikan pada masa balita !




Lmpiran 5.
Kunci jawaban.

Tes pormatif ; Tes perbaikan Tes Pengayaan
1.c 1.pubertas 1.Untuk melestarikan jenisnya.
2.b 2.sperma 2.Perubahan sekunder/fisik yang
3.akil balig terjadi seperti : tumbuh kumis, jenggot,jakun, dada menjadi bidang,
4.ovarium suara membesar.
5..kehamilan 3,Perubahan primer pada wanita ditanda idengan diproduksinya sel
6.28 telur / ovum
7.sekunder 4.Bayi bawah lima tahun.
8.minyak & keringat 5. BCG,DPT, FOLIO,Campak
9.jerawat Hepatitis
10.besi
3.a
4.a
5.b
6.b
7.c
8.c
9.d
10.d

2 komentar:

  1. Oke Pak silhkan main ke Kunden.Belajarlah terus selagi kita masih ada kesempatan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus